PERSIT

Wisata PENDIDIKAN 2007-2008

SMP KARTIKA II – 2 BANDARLAMPUNG
BERWISATA PENDIDIKAN TAHAP KE-2 KE JAKARTA – BOGOR

Program Wisata pendidikan di SMP Kartika II-2 Bandarlampung sudah menjadi program tahunan yang termuat dalam kalender pendidikan . Kegiatan wisata ini diperuntukan bagi siswa kelas 8 yang akan naik ke kelas IX dengan tujuan :

  1. memperoleh pengalaman dan pengetahuan dari obyek wisata yang dikunjungi.
  2. menyalurkan minat, bakat, dan kemampuan siswa dalam mengembangkan ilmu poengetahuan dan teknologi, ketrampilan, daya kreasi serta rasa estetika.
  3. memperluas pergaulan antar siswa, sehingga terpupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta cinta tanah air.
  4. untuk rekreasi mengisi liburan sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat.

Selain dari itu yang lebih pokok lagi bahwa sekembalinya siswa dariu kegiatan berwisata pendidikan, mereka dituntut untuk membuat karya tulis (laporan perjalanan) dari obyek-obyek wisata yang telah dikunjungi. Karya tulis yang dibuat oleh siswa akan dinilai oleh guru pembimbing, dengan terlebih dahulu melalui proses bimbingan karya tulis. Dan nilainya akan menjadi tabungan nilai ujian praktek mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 nanti.

Tahun pelajaran 2007 – 2008 kegiatan wisata pendidikan di SMP kartika II-2 Bandarlampung dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan financial orang tua siswa.

Tahap I Tujuan Bali – Yogyakarta

Wisata Bali – Yogya sudah dilaksanakan pada liburan semester ganjil yaitu dari tanggal 22 Desember 2007 sampai dengan 29 Desember 2007 yang diikuti 86 siswa kelas 8 dan 2 orang siswa kelas 7 dan 9. serta 12 orang guru pendamping dan panitia pelaksana.
Adapun obyek yang dikunjungi : Di Daerah Bali yaitu ; tanah lot, pantai kuta, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Galuh, tari barong, Sangeh, Kintamani, pantai sanur, Bedugul dan shoping di pasar tradisional Pasar sukowati. Sedangkan di Daerah Yogyakarta dan sekitarnya meliputi : Istana Kepresidenan Yogyakarta (Gedung Agung), Musium Benteng Vredeburg, Malioboro, Candi Prambanan, Musium Biologi, Kraton Nyayogyakarto Hadiningrat, Taman Pintar, Pantai Parangteritis, Musium Dirgantara Mandala, Candi Borobudur, Salah Pondoh dan shoping di Pasar tradisional Bringharjo. Selain itu ada obyek wisata tambahan yaitu kunjungan ke makam Almarhum Presiden RI pertama yaitu Bapak Ir.Sukarno di daerah Blitar Jawa Timur.


Tahap II Tujuan Jakarta – Bogor

Wisata Jakarta – Bogor dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2008 sampai dengan 22 Maret 2008 sampai dengan 22 Maret 2008 dengan mengun jungi obyek-obyek wisata ; Kebun Raya Bogor, Musium Zoologi Bogor, Taman Safari di Cisarua Bogor, Planetarium, Monumen Nasional (Monas), Dunia Fantasi (Dufan) Ancol serta shoping di Pasar tradisional Tanah Abang.

Hingga saat ini peserta yang ingin ikut wisata Jakarta – Bogor terdaptar 59 siswa, panitia pelaksana menargetkan sebanyak 75 peserta dengan didampingi oleh 12 orang guru pendamping dan panitia. Untuk itu kepada seluruh siswa kelas 8 khususnya yang belum, mengikuti wisata pendidikan, masih diberi kesempatan mendaftarkan dirinya kepada Ibu Dra. Elida Rais selaku bendahara wisata Pendidikan Jakarta – Bogor, atau ke Bapak Drs.Musiyoto UK selaku skretaris panitia., ditunggu hingga tanggal 5 Maret 2008.


Tahap III Tujuan local daerah Lampung.

Bagi siswa yang belummengikuti kegiatan wisata ke Bali-Yogya maupun ke Jakarta- Bogor karena sesuatu hal, maka diarahkan untuk berwisata local seputar daerah Lampung, dengan tujuan obyek wisata ; Musium Negeri Lampung, Pabrik-pabrik Industri, serta berekreasi ke pantai , dengan alokasi waktu lebih singkat yaitu satu hari.

Untuk menunjang kegiatan wisata di SMP Kartika II-2 Bandarlampung, siswa dari awal masuk sekolah kjelas 7 sudah diarahkan untuk menabung guna meringankan beban orangtua, saat kegiatan wisata dilaksanakan.

By. email : musvandev@yahoo.co.id

PERSIT

About PERSIT -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :